RSS

Akuntansi Internasional Bab 5. Pelaporan dan Pengungkapan

Kepentingan relatif pada pasar ekuuitas dalam perekonomian nasional yang tumbuh dan investor individual menjadi lebih aktif dalam pasar ini. Sebagai hasilnya, pengungkapan publik proteksi investor, nilai pemegang saham, dan pasar modal yang berbentuk dari pengelolaan perusahaan menjadi sangat penting. Praktik pengungkapan di berbagai negara sangat beragam.

PERKEMBANGAN DAN PENGUNGKAPAN

Standar dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, undang-undang, berhubungan dengan politik dan ekonomi, tingkat perkembangan ekonomi, pendidikan, budaya, dan faktor-faktor lainnya.

Pengungkapan Sukarela
Beberapa kajianmenunjukkan bahwa manajer berinisiatif untuk mengungkapan informasi performa perusahaan secara sukarela. Keuntungannya mungkin menyangkut biaya transaksi yang lebih rendah dalam perdagangan sekuritas perusahaan, bunga yang lebih tinggi dari analis keuangan dai investor, meningkatkan likuidias saham dan biaya modal yang lebih rendah. laporan yang paling terkini menyongkong pandangan bahwa perusahaan bisa mencapai keuntungan dalam pasar modal dengan mempertinggi pengungkapan mereka secara sukarela. Namun, banyak pihak yang mengakui bahwa laporan keuangan dapat menjadi mekanisme cacat untuk berkomunikasi dengan investor  luar.

Menurut pendapat penulis karya ilmiah klasik berikut ini komunikasi manajer dengan investor luar ketika tidak sempurna, antara laik ketika :

  1. Manajer memiliki informasi kuat tentang perusahaan mereka,
  2. Insentif manajer tidak sesuai  dengan bunga dari semua pemegang saham,
  3. Peraturan akuntansidan audit tidak sempurna.
Regulasi pengungkapan menentukan keperluan untuk memastikan bahwa pemegang saham menerima informasi lengkap, berkala, dan akurat.

Kebutuhan Pengaturan Pengungkapan
Bursa saham dan pengaturan pemerintah secara umum membutuhkan perusahaan asing yang terdaftar untuk melengkapi semua informasi keuangan dan non-keuangan yang hampir sama seperti yang dibutuhkan untuk perusahaan domestik. Perusahaan asing yang terdaftar secara umum memiliki fleksibilitas yang berhubungan dengan prinsip akuntansi yang mereka gunakan dan untuk sejumlah pengungkapan. 

Proteksi pemegang saham di bermacam-macam di seluruh negara. Seperti pada negara Anglo Amerika ( Kanada, Inggris Raya, dan Amerika Serikat) memberikan investor proteksi insentif yang ketat. 

Frost dan Lang membahas dua objek investor berorientasi pasar: perlindungan investor dan kualitas pasar :

  • Proteksi Investor. Investor dijamin dengan informasi dan dilindungi dengan pelaksanaan dan pengawasan peraturan pasar. Kecurangan (Fraud) mencegah adanya penawaran publik, perdagangan, pemilihan, dan sekuritas penawaran. Informasi keuangan dan non-keuangan yang bisa dibandingkan telah ditemukan sehingga investor bisa membandingkan perusahaan area industri dan negara.
  • Kualitas Pasar. Pasar aalah adil, tersusun, efisien, dan bebas dari penyalahgunaan dan perbuatan jahat. Keadilan pasar dipromosikan dengan akses informasi yang wajar dan kesempatan berdagang. Efisiensi pasar berkembang dengan meningkatkan likuiditas dan mengurangi biaya transaksi. Kualitas pasar ditandai dengan kepercayaan investor dan mereka memfasilitasi pembentukkan modal. Harga mencerminkan presepsi nilai investor tanpa keputusan sewenang atau berubah-ubah.
Frost dan Lang juga mengulas empat prinsip pada investor yang berorientasi pasar yang harus dijalankan.
  1. Keefektifan biaya. Regulasi biaya pasar sebaliknya, dibandingkan dengan keunutungan sekuritasnya.
  2. Fleksibilitas dan kebebasan pasar.  Regulasi tidak seharusnya menghalangi kompetensi dan evolusi pasar.
  3. Laporan keuangan transparan dan pengungkapan menyeluruh.
  4. Perlakuan setara perusahaan domestik dan asing.
Pembahasan Laporan Keuangan SEC Amerika Serikat
SEC secara umum mewajibkan pendaftar asing untuk melengkapi informasi keuangan yang ada hakikatnya sama dengan yang dibutuhkan perusahaan domestik. Syarat laporan SEC secara umum konsisten dengan sasaran proteksi investor dan kualitas pasar. Beberapa pengamat menyatakan bahwa syarat laporan ekuangan SEC bagia perusahaan asing menghalangi mereka dari pembuatan sekuritas mereka yang ada di Amerika Serikat. Sebagai akibatnya, investor AS lebih suka berdagang di pasar seperti pasar Over-the-Counter (OTC) AS atau pasar luar negeri di mana likuiditas lebih rendah, biaya transaksi relatif tinggi, dan proteksi investor kurang penting daripada dalam pertukaran nasional di Amerika Serikat. Kemudian dikatakan bahwa SEC mampu memberikan investor AS kesempatan investasi modal yang lebih banyak dalam aturan pasar AS dengan mengurangi persyaratan laporan keuangan, akibatnya hal ini akan menyeimbangkan sasaran SEC terhadap proteksi investor dan kualitas pasar. Pendapat sebalikanya bahwa sistem akuntansi dan pengungkapan terkini melindungi investor dan memastikan kualitas pasar modal Amerika Serikat.

PRAKTIK PELAPORAN DAN PENGUNGKAPAN

Peraturan pengungkapan bermacam-macam  di seluruh dunia pada area seperti perubahan lapoan ekuitas, transaksi dengan pihak terkait, segmen pelaporan, harga pasar aset dan utang finansial, dan pendapatan per saham.

Pengungkapan Informasi Progresif
Pengungkapan ini adala pertimbangan tinggi yang relevan di dalam kesetaraan pasar dunia. Dalam hal ini, istilah informasi progresif meliputi :
  1. Perkiraan pendapatan, Laba/Rugi, arus kas, pengeluaran mdal, dan hal-hal keuangan lainnya;
  2. Tujuan informasi mengenai kinerja dan posisi ekonomi di masa depan yang tidak menentu daripada perkiraan menyangkut proyek, periode fiskal dan proyeksi jumlah;
  3. Dan laporan program dan sasaran manajemen untuk usaha masa depan.
Ketiga kategori tersebut menjadi lebih umum, antara lain :
  1. Perkiraan,
  2. Informasi potensial,
  3. Sasaran dan Tujuan.
Tujuan utama investor dan analis tersebut adalah menilai pendaptan dan arus kas di masa depan, sangatlah masuk akal untuk menanyakan apakah perusahaan menyediakan perkiraan informasi internal mereka seperti itu. Perkiraan bisa diandalkan karena mereka menggabungkan subjek-subjek yang memperkirakan peristiwa di masa depan yang belum pasti.

Pengungkapan Segmen
Investor dan  analis menuntut informasi hasil perusahaan industri dan segmen geografis usaha dan keuangan signifikan dan berkembang. International Financial Reporting Standards (IFRS) mencakup laporan keuangan segmen yang sangat lengkap, seperti halnya standar akuntansi di berbagai negara. Pengungkapan segmen lebih membantu pengguna laporan keuangann untuk memahami bagaimana bagian-bagian perusahaan menata semuanya. 

Contohnya, laporan keuangan Lafarge 2005 (Perusahaan Perancis). Pengungkapan segmen usaha reveal mengungkap pendapatan dua tahun terakhir, laba usaha, depresiasi dan amortisasi, pengeluaran modal pegawai, investasi modal aset, segmen aset, dan segmen utang untuk jalur empat jalur utama Lafarge. Pengungkapan area geografis memperlihatkan pendapatan, pengeluaran modal, dan modal pegawai per daerah sedunia dan negara-negara terpilih dalam dua tahunan. 

Pelaporan Pertanggungjawaban Sosial
Laporan ini mengacu pada pengukuran dan komunikasi informasi tentang pengruh perusahaan terhadap kemakmuran pegawai, komunitas sosial, dan lingkungan. Laporan ini juga menjadi sebuah cara untuk menunjukkan sebagai perusahaan penduduk. "Ketahanan" melaporkan bahwa kesatuan ekonomi, sosial, dan kinerja lingkungan, ditunjukkan sebagai :tiga dasar pelaporan" (profit, masyarakat, dan planet). Terlebih lagi untuk menghindari kritik bahwa laporan adalah "green washing", informasi ini secara terus-menerus dibuktikan oleh pihak ketiga independen.

Informasi mengenai kesejahteraan pegawai telah lama menjadi perhatian serikat buruh. Pengungkapan informasi yang berhubungan dengan sejumlah pegawai dengan area geografis memberikan informasi kepada pemerintah setempat mengenai pengaruh kepegawaian terhadap perusahaan multinasional. Lalu, berdasarkan jalur usaha sebaliknya, membantu mengidentifikasi semua industri tersebut dan aktivitas dimana investor asing secara langsung menemukan ekonomi yang menarik. 

Masalah lingkungan meliputi akibat dari proses produksi, produk, dan jasa udara, air, tanah, bioversity, dan kesehatan manusia. Informasi yang harus diserahkan, antara lain :

  • Air, bahan baku, dan konsumsi energi, dan tindakan yang diambil untuk meningkatkan efisiensi energi.
  • Tindakan untuk mengurangi polusi pada udara, air, dan tanah, termasuk polusi suara, dan biayanya.
  • Sejumlah ketentuan untuk risiko lingkungan.
Petunjuk untuk laporan ketahanan sosial telah dikeluarkan oleh Global Reporting Initiative (GRI), sebuah lembaga independen yang bergabung dengan persatuan Program Lingkungan Nasional. Pola kerja GRI menyarankan adanya indikator pengungkapan kinerja di area :

  • Performa ekonomi, seperti upah, pajak, dan sumbangan komunitas
  • Performa lingkungan, seperti rumah kaca emisi gas dan penggunaan air
  • Performa sosial, seperti praktik buruh, HAM, masyarakat, dan tanggung jawab produk.
Pengungkapan khusus Bagi Pengguna Laporan Keuangan Non-domestik dan Prinsip Akuntansi yang Digunakan
  1. "Laporan ulang yang mudah" tentang informasi keuangan ke dalam mata uang asing,
  2. Pembahasan perbedaan antara prinsip akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan utama dan beberapa ketetapan prinsip akuntansi lainnya,
  3. Posisi dan laporan keuangan ulang terbatas di ketetapan standar akuntansi yang kedua, dan
  4. Sebuah laporan keuangan lengkap disiapkan yang berhubungan dengan ketetapan prinsip akuntansi kedua.
Pengungkapan Pengelolaan Perusahaan
Pengelolaan perusahaan adalah sistem di mana perusahaan diarahkan dan dikendalikan. Di antara permasalahan pengelolaan perusahaan adalah hak dan perlakuan pemegang saham, pertanggungjawaban direksi, pengungkapan dan transparansi, dan peran pemegang saham.

Dallas memeberikan sebuah rancangan kerja untuk memahami dan menilai pengelolaan perusahaan di sebuah negara. Empat komponen dari rancangan kerjanya adalah Infastruktur pasar, Lingkungan Hukum, Pengaturan Lingkungan, dan Informasi Infrastruktur. Berikut dibawah ini ringkasan alur kerja pemerintahan dallas.

Sumber : Akuntansi Internasional , Frederick D.S Choi dan Gary K.Meek (2010)


Pengungkapan dan Laporan Bisnis di Internet
Penyebaran informasi secara elektronik sering kali murah meriah dibandingkan dengan media cetak dan menawarkan komunikasi instan. World Wide Web (WWW) atau Web juga bisa digunakan untuk penyebaran informasi interaktif yang tidak srupa dengan media cetak. Investor sering menggunakan Web untuk berdagang dan mengambil keputusan investasi modal, dan menggunakan Web sebagai sebuah sarana informasi penting.

Sebuah perkembangan penting yang akan memfasilitasi pelaporan bisnis melalui Web adalah eXtensible Business Reporting Language (XBRL). XBRL adalah sebuah sistem penanaman informasi atau data. "Tanda" data, yang bekerja seperti barcode, menggambarkan informasi keuangan yang mereka pasangkan. Standar ini akan dibangun pada semua fitur yang akan mengeluarkan peranti lunak akuntansi dan laporan akuntansi, dan sebagaian besar pengguna tidak usah mempelajari bagaimana menggunakannya secara langsung supaya bisa menikmati keuntungannya. XBRL akan secara otomatis menerjemahkan informasi bisnis apa pun yang dikehendaki kata-kata atau angka sehingga informasi hanya perlu dimasukkan sekali. Sekali dimasukkan, informasi bisa digunakan dan bekerja dengan berbagai cara tanpa harus diformat ulang. XBRL telah dikembangkan untuk GAAP Amerika Serikat dan Jerman serta untuk IFRS, yang mampu membuat persiapan laporan keuangan sesuai dengan semua standar akuntansi.


PENGUNGKAPAN LAPORAN TAHUNAN DI NEGARA-NEGARA DENGAN PASAR BARU MUNCUL

Pengungkapan dalam laporan tahunan perusahaan dari negara dengan pasar yang baru muncul biasanya kurang luas dan kurang dapat dipercaya daipada semua perusahaan dari negara berkembang. Level pengungkapan yang rendah di negara dengan pasar yang baru muncul konsisten dengan sistem pemerintahan dan keuangan perusahaan mereka. Ekuitas pasar tidak berkembang dengan baik, bank dan orang dalam seperti kelompok keluarga menyediakan keuangan yang paling besar, dan pada umumnya hanya ada sedikit tuntutan untuk bisa dipercay, pengungkapan kepada publik yang tepat waktu daripada lebih mengembangkan ekonomi.

Bukti empiris pengungkapan di negara-negara dengan pasar yang baru muncul masih terbatas sampai sekarang. Akan tetapi, seperti halnya dengan semua pasar modal negara ini da perusahaan yang terdaftar ingin meningkatkan kehadiran mereka.

IMPLIKASI BAGI PENGGUNA LAPORAN KEUANGAN DAN MANAJER

Pengguna laporan keuangan mengharapkan tingkat pengungkapan dan praktik pelaporan keuangan yang luas. manajer di negara dengan tradisi pengungkapan yang rendah harus memahami apakah pemakaian kebijakan yang mempertinggi pengungkapan bisa memberikan keuntungan yang signifikan untuk perusahaan mereka. Manajer yang mempertinggi pengungkapan di area investor dan analis yang dianggap penting, seperti segmen dan rekonsiliasi pengungkapan, bisa mendatangkan keuntungan yang kompetitif terhadap perusahaan dengan kebijakan pengungkapan yan terbatas, serya seharusnya memberikan bukti-bukti yang sangat penting. 


SUMBER :
Choi, Freerick D. S, Meek, Gary K, Akuntansi Internasional Buku 1 Edisi Keenam (Jakarta:Salemba Empat 2010), hal.175-222.





0 komentar:

Posting Komentar