RSS

KONSEP, ALIRAN DAN SEJARAH KOPERASI

BAB.I

"Konsep, Aliran dan Sejarah Koperasi "


 Apakah Koperasi itu ?... 















PEMBAHASAN
  1.       Konsep Koperasi   


Munker dari University Of  Marburg, Jerman Barat membedakan konsep Koperasi menjadi dua : Koperasi Barat dan Koperaso Sosialis dan yang ketiga merupakan perpaduan keduanya .

        Konsep Koperasi Barat
Konsep ini menjelaskan bahwakoperasi adalah organisasi swasta yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan, untuk mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi .
Konsep ini memiliki beberapa unsur, yaitu :
·  Setiap individu dengan tujuan yang sama dapat berpartisipasi untuk mendapatkan keuntungan dan menanggung resiko bersama .
·      Hasilnya berupa surplus yang didistribusikan kepada anggota sesuai dengan metode yang telah disepakati .
·         Keuntungan yang belum didistribusikan akan dimasukkan sebagai cadangan koperasi .

v  Dampak Langsung Koperasi terhadap anggotanya :
ü      Promosi kegiatan ekonomi.
ü  Pengembangan usaha perusahaan koperasi dalam hal investasi, formasi permodalan, pengembangan sumber daya manusianya, pengembangan keahlian untuk bertindak sebagai wirausaha, dan kerjasama antarkoperasi secara horizontal & vertical .

v  Dampak Tidak langsung terhadap anggotanya :
ü     Pengembangan kondisi social ekonomi sejumlah produsen skala kecil maupun pelanggan.
ü    Mengembangkan inovasi perusahaan skala kecil (inovasi teknik & metode produksi).
ü  Memberikan distribusi pendapatan yang lebih seimbang dengan pemberian harga yang wajar antara produsen dengan pelanggan, pemberian kesempatan yang sama pada koperasi dan perusahaan kecil.

        Konsep Koperasi Sosialis
Konsep ini menjelaskan bahwa koperasi itu direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi untuk menunjang perencanaan nasional. Koperasi itu tidak berdiri sendiri merupakan subsistem dari system sosialis untuk mencapai tujuan system sosialis-ekonomis.

        Konsep Koperasi Negara Berkembang
Konsep ini menjelaskan bahwa koperasi ini sudah berkembang dengan ciri sendiri, yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan. Tujuan koperasi ini dibentuk untuk meningkatkan kondisi social-ekonomi anggotanya .

1          2.                      Latar Belakang Timbulnya Aliran Koperasi

Adanya perbedaan aliran dalam koperasi berkaitan erat dengan faktor Ideologi dan Pandangan hiduo (way of Life) yang dianut oleh Negara dan masyarakatnya yang bersangkutan .

    Keterkaitan Ideologi, Sistem Perekonomian dan Aliran Koperasi .
Perbedaan ideology suatu bangsa akan mengakibatkan perbedaan system perekonomiannya dan tentunya aliran koperasi yang dianutnya juga akan berbeda. Sebaliknya, setiap system perekonomian suatu bangsa juga akan menjiwai ideology bangsanya dan aliran koperasinya juga menjiwai system perekonomian dan ideology bangsa tersebut .

 
    Aliran Koperasi
Paul Hubert Casselman membagi aliran koperasi menjadi 3 aliran.

ü  Aliran Yardstick
Umumnya dijumpai pada Negara-negara yang berideologi kapitalis atau system perekonomian liberal. Koperasi dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi, menetralisasi, dan mengoreksi berbagai keburukan yang ditimbulkan oleh system kapitalisme. Menurut aliran ini organisasi tidak berperan penting dalam masyarakat khususnya system dan struktur perekonomiannya .
Hubungan pemerintah dengan koperasi bersifat netral, maju tidaknya koperasi tetap terletak ditangan anggotanya . Dalam artian pemerintah tidak campur tangan terhadap jatuh bangunnya koperasi dan memperlakukan secara seimbang dengan swasta dalam pengembangan usaha. Pengaruh aliran ini cukup kuat, terutama di Negara barat di mana industry berkembang dengan pesat ( Amerika Serikat,perancis,swedia,Denmark, dll ).

ü  Aliran Sosialis
Menurut aliran ini, Koperasi dipandang sebagai alat yang paling efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, disamping itu menyatukan rakyat lebih mudah melalui organisasi koperasi.
Akan tetapi dalam perkembangannya, kaum sosialis kurang berhasil memanfaatkan koperasi bagi kepentingan mereka dan berkembang menjadi kaum komunis. Koperasi dijadikan sebagai alat pemerintah dalam menjalankan program-programnya dan otonomi koperasi menjadi hilang . pengaruhnya banyak dijumpai di Negara Eropa Timur, Rusia .

ü  Aliran Persemakmuran (Commonwealth)
Menurut aliran ini, koperasi sebagai alat yang yang efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Selain itu Koperasi juga sebagai wadah ekonomi rakyat berkedudukan strategis dan memegang peranan utama dalam struktur perekonomian masyarakat. Hubungan pemerintah dengan koperasi bersifat kemitraan, artinya bertanggung jawab dan berupaya agar iklim pertumbuhan koperasi tercipta dengan baik .

1     3 .             Sejarah Perkembangan Koperasi

        Sejarah Lahirnya Koperasi
Koperasi timbul pada masa perkembangan kapitalisme sebagai akibat revolusi industry, pertama kali di Inggris yaitu koperasi Rochdale pada tahun 1844 pada saat itu banyak barang yang dating untk dijual dan akhirnya menimbulkan kesempatan kerja dan mendapat pendapat .
Lalu tahun 1851, koperasi tersebut mendirikan sebuah pabrik dan perumahan untuk anggotanya. Pada tahub 1852 koperasi di Inggris ssudah mencapai 100 unit . lalu 1862 dibentuklah Pusat Koperasi Pembelian dengan nama The Cooperative Whole Sale Society (CWS). Pada tahun 1945 CWS mempunyain200 pabrik dan 9000 pekerja. 1870-1876 melakukan ekspansi usaha dibidang penerbitan, penerbangan, perbankan, dan investasi . 1883 mendirikan The Women’s Coorperative Guild yang memperjuangkan hak-hak wanita sebagai ibu rumah tangga dan seterusnya .
Disamping itu  pada tahun 1818-1888 koperasi juga berkembang di jerman yang dipelopori oleh Ferdinan Lasalle, Friedrich W. Raiffesen. Dan Tahun 1808-1883 di Denmark dan Sebagainya .
Dan dalam perjalan sejarah  koperasi tumbuh dan berkembang di seluru dunia. Dan stengah abad kemudian para pelopor koperasi sepakat untuk membentuk International Cooperative Alliance (ICA-Persekutuan Koperasi Internasional) di London tahun 1896.

        Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia
Menurut sukuco dalam bukunya ‘Seratus tahun koperasi di indonesia’ badan hukum pertama di Indonesia adalah 1895 di Leuwiliang. Raden Ngabei Ariawiriaatmadja, Patih Purwokerto dkk mendirikan Bank Simpan Pinjam untuk menolong teman sejawatnya para pegawai negeri pribumi melepaskan diri dari cengkeraman pelepas uang. Bank Simpan Pinjam tersebut, semacam Bank Tabungan jika dipakai istilah UU No. 14 tahun 1967 tentang Pokok-pokok Perbankan, diberi nama “De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank der Inlandsche Hoofden” = Bank Simpan Pinjam para ‘priyayi’ Purwokerto. Atau dalam bahasa Inggris “the Purwokerto Mutual Loan and Saving Bank for Native Civil Servants” .
 1920 diadakan Cooperative Commissie yang diketuai oleh Dr. JH. Boeke sebagai Adviseur voor Volks-credietwezen.  Komisi ini diberi tugas untuk menyelidiki apakah koperasi bermanfaat di Indonesia. Lalu 12 Juli 1947, diselenggarakan kongres gerakan koperasi se Jawa yang pertama di Tasikmalaya 1960 Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 140 tentang Penyaluran Bahan Pokok dan menugaskan koperasi sebagai pelaksananya. Tahun 1961, diselenggarakan Musyawarah Nasional Koperasi I (Munaskop I) di Surabaya untuk melaksanakan prinsip Demokrasi Terpimpin dan Ekonomi Terpimpin 1965, Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No. 14 th 1965, dimana prinsip NASAKOM (Nasionalis, Sosialis dan Komunis) diterapkan di Koperasi.
 Saat juga dilaksanakan Munaskop II di Jakarta1967 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang No. 12 tahun 1967  tentang Pokok Pokok Perkoperasian disempurnakan  dan diganti dengan UU no. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian Peraturan Pemerintah No.9 tahun 1995 tentang kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Koperasi . Peraturan pemerintah tersebut juga sekaligus memperjelas kedudukan koperasi dalam usaha jasa keuangan, yang membedakan koperasi yang bergerak di sector moneter dan sector rill.


REFERENSI :


Penyusun : Kartika Ratna Sari.W 

              ( 24212034 )

                       2EB12

                                        
 













0 komentar:

Posting Komentar