RSS

BAHASA INDONESIA 2. Tugas 3 " Curiculum Vitae (CV) "

PENGERTIAN

Curriculume Vitae 

Curriculum Vitae (CV) adalah sebuah dokumen yang menjelaskan secara ringkas menggambarkan siapa diri Anda, apa yang telah Anda lakukan di masa lalu, apa relevansi pengalaman Anda terhadap pekerjaan yang sedang dilamar, serta apakah Anda orang yang tepat atau tidak untuk dipilih diantara kandidat lainnya.

Mengapa CV sangat penting ?

  1. CV  adalah kesan pertama bagi para penyedia kerja/ calon Bos Anda.
  2. Tanpa CV yang baik Anda mungkin tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk wawancara untuk pekerjaan yang Anda inginkan.
  3. CV adalah alat pemasaran yang berada dalam control Anda. Andalah yang menentukan, apakah CV yang Anda buat sudah efektif dan menarik sehigga dapat menjadi alat pemasaran diri yang sukses.
  4. CV  memberikan kesempatan bagi Anda untuk menonjolkan  kekuatan/ potensi yang Anda miliki dan  melemahkan kekurangan Anda (karena Anda sangat tidak dianjurkan menulis kelemahan Anda di dalam CV).

           Maka dari itu,  perlu memutuskan item apa saja yang akan dimasukkan dan item mana yang tidak. CV yang baik adalah yang memiliki relevansi yang tinggi terhadap pekerjaan yang dituju. Dengan demikian CV tersebut akan menjawab “what is in it for me?” bagi seorang rekruter. Ingat, setiap hari seorang rekruter harus membaca ratusan CV. Hanya yang menarik perhatian dan relevan saja yang akan masuk dalam pertimbangan selanjutnya.


      Jangan membuat satu CV untuk seluruh perusahaan yang akan dituju. Buatlah satu CV utama dan sesuaikan hal-hal yang relevan untuk tujuan yang berbeda-beda sebab setiap organisasi/perusahaan yang dituju mencari sesuatu yang unik tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan ditawarkan.Struktur Umum Sebuah CV. 

Waktu yang tepat untuk menggunakan CV :

  1. Ketika  Anda diminta untuk mengirim CV.
  2. Jika suatu lowongan pekerjaan di buka dan  Anda  diminta untuk melamar secara tertulis (bukan lisan)
  3. Sebagai alat untuk membantu Anda menulis lamaran
  4. Sebagai alat yang digunakan untuk  apabila Anda bertemu dengan seseorang yang dapat membantu Anda menemukan pekerjaan.
  5. Sebagai  bahan acuan bagi penyedia kerja dan pelamar kerja  selama  proses wawancara kerja.
Hal-Hal apa saja yang dicantumkan dalam CV/ Riwayat Hidup :
  1. Contact Detail , Sangat penting untuk memberikan informasi  terbaru  mengenai alamat rumah , nomor telepon, dan alamat email Anda  (bila ada) untuk  memudahkan pengusaha/ penyedia kerja untuk menghubungi  Anda . 
  2. Pengalaman  Kerja, Pastikan untuk menyertakan pekerjaan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar . Jika Anda belum punya banyak pengalaman yang relevan , maka Anda mungkin perlu memasukkan sebagian  pengalaman kerja  Anda (tidak perlu seluruhnya ,maksimal  4), pilihlah pengalaman kerja dengan periode terlama dan/atau pengalaman kerja pada posisi yang menjanjikan (contoh: apabila Anda memiliki pengalaman sebagai pemotong daging dan pekerja administrasi , maka cantumkan pengalaman sebagai pekerja administrasi). 
  3. Pendidikan dan kualifikasi, Pendidikan dan kualifikasi mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar , tapi hal tersebut masih memegang hal penting  untuk dilihat oleh penyedia kerja . 
  4. Keterampilan dan kelebihan, Menonjolkan keterampilan dan kelebihan diri  merupakan hal yag sangat penting ketika menulis CV . Kelebihan diri  adalah sesuatu hal alami yang Anda miliki atau karena Anda terbiasa melakukannya(missal: tepat waktu, Jujur, pekerja keras dan lain-lain) . Keterampilan adalah sesuatu yang Anda memperoleh melalui  pendidikan dan pengalaman . Pastikan untuk menunjukkan bagaimana keterampilan dan kelebihan yang Anda miliki membantu Anda dalam pekerjaan . 
  5. kepribadian Anda, Kepribadian Anda benar-benar penting di dalam menulis CV, 
  6. Sebuah format sederhana yang baik, Gunakan font (ukuran huruf) dan jenis huruf yang sewajarnya dan tidak berlebihan. 
  7. Ejaan dan tanda baca yang baik, Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tanda baca yang tepat. Tidak perlu menggunakan tanda seru, tanda Tanya, dan tanda-tanda yang tidak wajar. 
  8. Referensi,  (tersedia atas permintaan, Referensi maksudnya adalah orang lain yang penyedia kerja dapat hubungi untuk meminta pendapat / penilaian tentang  Anda. Tidak selalu diperlukan dalam CV, tetapi apabila penyedia kerja menanyakan referensi kepada Anda pada waktu wawancara kerja, Anda dapat memberikannya langsung pada saat itu.
Contoh
Dibawah ini Contoh CV pribadi saya
   







Semoga Bermanfaat ... ^^





SUMBER :



 


0 komentar:

Posting Komentar