KONSEP IDEAL PENERAPAN
HUKUM PERJANJIAN
PADA BANK SYARIAH
DI INDONESIA
Oleh:
Abdurrahman Konoras
Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi
E-mail: rianto_maluegha@yahoo.com
Hukum Perjanjian Islam
Perjanjian dalam hukum Islam disebut dengan
akad yang dalam bahasaArab diistilahkan dengan Mu'ahadah Ittifa.
Al-Qur'an dan Hadits secara rinci memang tidak membahas tentang perjanjian atau
akad, Namun banyak kata yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadits yang menyebutkan tentang perjanjian atau
akad. Dengan demikian para Ilmuwan dan Fukaha
(ahli Hukum) memberikan pengertian dan definisi perjanjian atau akad, antara
lain sebagai berikut:16
Menurut Abdullah al-Muslih, secara
terminologi, akad atau perjanjian digunakan untuk banyak arti, yang kesemuanya kembali kepada
bentuk ikatan atau perhubungan terhadap dua hal.
Sementara, akad menururt istilah adalah keterikatan keinginan diri dengan
keinginan orang lain dengan cara yang memunculkan adanya komitmen
tertentu yang disyariatkan.
Pendapat tersebut di atas menerangkan bahwa
secara terminologi akad atau perjanjian mempunyai
arti yang sangat luas, Dengan demikian akad atau perjanjian adalah segala
bentuk-bentuk ikatan, Sementara akad menurut istilah adalah keterikatan
keinginan diri dengan keinginan orang lain yang saling bertemu dan tunduk pada
sesuatu yang mereka saling perjanjikan yang
disyariatkan.
Menurut Hendi Suhendi,17 akad adalah bagian dari
macam-macam tasharuf, yang
dimaksud dengan Tasharuf ialah segala yang keluar
dari seorang manusia dengan kehendaknya dan Syara' menetapkan
kehendaknya. Sedangkan jika didasarkan pengertian akad menurut bahasa,
mempunyai beberapa makna, antara lain:18
a. Mengikat (Abdu), Yaitu mengumpulkan dua ujung tali dan
mengikat salah satunya
dengan yang lain sehingga bersambung, Kemudian keduanya
menjadi sepotong benda. Istilah Abdu dalam Al-Qur'an mengacu
pada pernyataan seseorang untuk mengerjakan sesuatu atau tidak
mengerjakan sesuatu dan tidak ada sangkut pautnya dengan orang lain, Perjanjian yang dibuat oleh orang tersebut.
Seperti yang dijelaskan dalam surah Al Imran
: 76, Bahwa janji tetap mengikat bagi orang yang membuatnya.
b. Sambungan (Aqdu), Yaitu sambungan
yang memegang kedua ujung itu dan
mengikatnya. Kata aqdu mengacu pada terjadinya
dua perjanjian atau lebih yaitu bila seseorang mengadakan janji,
Kemudian orang lain yang menyetujui janji tersebut serta menyatakan pula suatu janji yang berhubungan dengan jani yang
pertama, maka terjadilah
perikatan,maka apabila ada dua buah janji (aqdu) dari dua orang yang mempunyai hubungan antara satu dengan lainnya
disebut perikatan (akad).
c. Janji (Ahudu ), Sebagaimana
dijelaskan dalam Al-Qur'an yang artinya:
"Siapa saja menepati janjinya dan takut kepada
Allah, Sesungguhnya Allah mengasihi orang-orang
yang taqwa". (Qs. Ali Imran: 76). "Hai orang-orang yang beriman tepatilah janji-janjimu". (Qs. Al maidah: 1)
Maksud ayat-ayat tersebut agar orang-orang yang melakukan perjanjian agar tunduk dan patuh menepati janji-janji yang mereka buat dalam artian bahwa apabila mereka tidak menepati janji maka mendapat sanksi berupa pertanggung jawaban baik dari sesama mereka yang membuat perjanjian maupun pertanggungjawaban kepada Allah. Adapun menurut Azhar Basyir,19
Definisi perjanjian (akad) secara terminologi adalah: Suatu perikatan antara Ijab dan Kabul dengan cara yang dibenarkan oleh Syara' yang menetapkan adanya akibat-akibat hukum pada objeknya. Ijab adalah pernyataan pihak pertama mengenai isi perikatan yang diinginkan, Sedangkan Kabukl adalah pernyataan pihak kedua untuk menerimanya.
Dari pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa perjanjian
adalah bertemunya penawaran
(Ijab)
dan penerimaan (Kabul) atau kedua belah pihak telah sepakat tentang
objek yang diperjanjikan dan mempunyai
akibat hokum yaitu timbulnya hak dan kewajiban dari masing-
masingpihak secara sukarela untuk melaksanakan apa yang
telah mereka perjanjikan.20
Pengertian tentang perjanjian (akad) juga
diberikan oleh sumber lainnya, sebagaimana
yang dikemukakan Pramudya Puspa,21 bahwa:
Perjanjian atau Akad adalah perbuatan seseorang atau
lebih dalam mengikatkan dirinya
terhadap orang lain.
Yang dimaksud dengan "Perbuatan" di sini adalah
perbuatan hukum,yang dibagi dalam
2 bentuk, yaitu:
1. Perbuatan Hukum sepihak yaitu perbuatan hukum yang
dilakukan dua pihak dan
menimbulkan hak dan kewajiban pada pihak lainnya,
seperti:
a. Pembuatan surat wasiat;
b. Pemberian hadiah; c. Hibah.
2. Perbuatan hukum dua pihak yaitu perbuatan hukum yang
dilakukan dua pihak dan
menimbulkan
hak-hak dan kewajiban-kewajiban bagi kedua belah pihak secara timbal
balik, misalnya:
a.
Jual beli.
b. Sewa menyewa.
c. Perjanjian kerja.
As-Sanhury mengemukakan bahwa pengertian Akad
menurut istilah Fuqaha ialah:
Perikatan
antara Ijab dan Qabul secara yang dibenarkan syara' yang menetapkan
keridhaan kedua pihak (sukarela).22
Dari pendapat-pendapat tersebut di atas dapat dilihat
unsur-unsur yang terdapat dalam
akad adalah :
a. Adanya subjek yaitu satu orang atau lebih;
b. Adanya objek yang diperjanjikan yang didasarkan
syariat;
c.
Adanya kehendak atau pernyataan baik satu pihak dan atau dua pihak yang saling
bertemu (Ijab Qabul) menetapkan keridhaan
yang mempunyai akibat hukum.
Bank Syariah
Pengertian Bank Syariah
Menurut Dahlan Siamat, Bank Islam atau
lazimnya disebut Bank Syariah23 adalah bank
yang melakukan kegiatan operasionalnya sesuai dengan
prinsip syariah yaitu Al-Qur'an dan Al-Hadist.
Warkum Sumitro,24 menyatakan bahwa Bank Islam berarti:
Bank yang tata cara beroperasinya didasarkan pada tata
cara bermuamalah secara Islam,
yakni dengan mengacu kepada ketentuan-ketentuan Al-Qur'an
dan Al-Hadist. Dimana dalam operasionalnya bank Islam harus
berpedoman kepada bentuk-bentuk usaha yang tidak dilarang oleh Rasulullah atau
bentuk-bentuk usaha baru sebagai hasil ijtihad para ulama atau cendikiawan muslim yang tidak menyimpang dari
ketentuan Al-Quran dan Al-Hadist.
Selanjutnya
M. Amin Azis,25 menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Bank
Islam
(bank berdasarkan Syariah Islam) adalah:
Lembaga perbankan yang menggunakan sistem dan menjalankan
operasionalnya
berdasarkan syariah Islam dan dalam operasionalnya, Bank
Islam menggunakan sistem bagi hasil dan imbalan lainnya yang sesuai dengan syariah Islam
serta tidak menggunakan bunga.
Sedangkan Cholil Uman,26 menyatakan Bank
Islam adalah:
Sebuah lembaga keuangan yang menjalankan operasinya
menurut hukum Islam yang
tidak menggunakan sistem bunga, karena bunga dilarang
dalam Islam.
Dari beberapa pengertian Bank Islam yang dikemukakan
oleh para ahli di atas, maka
dapat
disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Bank Islam atau Bank Syariah adalah
badan usaha yang fungsinya sebagai penghimpun dana dari masyarakat dan penyalur
dana kepada masyarakat yang sistem dan
mekanisme kegiatan usahanya berdasarkan hukum Islam sebagaimana diatur dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist.
Pada Bank Islam umumnya dibentuk suatu
lembaga pengawas yang bertugas dan memiliki kewenangan untuk memastikan kesesuaian antara produk, jasa, dan kegiatan usaha
bank Islam tersebut agar tidak berlawanan dengan Al-Quran dan Al-Hadist. Lembaga inilah yang akan memberikan
fatwa kepada bank yang bersangkutan.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Manan, 2006, Reformasi Hukum Islam di Indonesia, ctk. Pertama., PT. Raja Grafindo
Persada, Jakarta
Chaeruman Pasaribu dan Suhrawadi K. Lubis, 1993, Hukum Perjanjian dalam Islam, PT.
Sinar Grafika, Jakarta.
Gemala Dewi, et.al, 2005, Hukum Perikatan Islam di Indonesia,. PT. Prenada Media
(Kencana) dan Badan Penerbit FH-UI.
_____________, 2004, Aspek-Aspek Hukum dalam Perbankan dan Perasuransian Syariah
di Indonesia, Kencana, Jakarta.
Mohammad Daud Ali, Hukum Islam, 1999, Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Islam
Di Indonesia, ctk. Ketujuh, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Muhammad Syafi'I Antonio, 2001, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Gema Insani,
Jakarta.
Rachmadi, 2002, Aspek-Aspek Hukum Perbankan Islam di Indonesia, PT. Citra Aditya Bakti,
Bandung.
Suhrawadi K. Lubis, Hukum Ekonomi Islam, Sinar Grafika, Jakarta.
Sutarno, 2004, Aspek-Aspek Hukum Perkreditan Pada Bank, Alfabeta, Bandung.
Tim Pengembangan Perbankan Syariah Institut Bankir Indonesia, Konsep, Produk, Dan
Implementasi Operasional Bank Syariah, Djambatan, Jakarta.
NAMA KELOMPOK :
1. Kartika Ratna Sari . W ( 24212034 )
2. Septa Skundarian ( 26212921 )
3. Shintya Permatasari ( 26212989 )
0 komentar:
Posting Komentar